Ngarai Sianok, Sumatera Barat

Ngarai Sianok, Sumatera Barat

Ngarai Sianok

Tempat Wisata yang satu ini terletak tepat di pinggiran kota perbukitan Bukittinggi di dataran tinggi Minangkabau, terletak ngarai yang menakjubkan yang oleh penduduk setempat disebut Ngarai Sianok. Panoramanya sangat indah di pagi hari ketika sinar matahari pertama menembus kabut yang menutupi lembah yang dalam ini. Disempurnakan dengan adanya latar Gunung Singgalang yang megah menjulang sebagai latar belakangnya. Ngarai Sianok memiliki jurang dengan kedalaman sekitar 100 m ini dan lebar sekitar 200m. Jurang raksasa ini membentang sepanjang 15 km. Secara geologi, jurang dalam ini disebut sebagai bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang.

Patahan ini membentuk dinding yang curam, hingga tegak lurus dengan lembah yang hijau di antara dua tebing. Di dasar jurang mengalir Sungai Batang Sianok yang airnya jernih. Di sepanjang aliran sungai Batang Sianok masih banyak terdapat tumbuhan langka seperti Raflesia dan berbagai jenis tumbuhan obat obatan. Fauna yang dijumpai menghuni daerah ini meliputi: monyet ekor panjang, rusa, babi hutan, macan tutul, dan juga Tapir. Dibalik Keindahan Ngarai Sianok terdapat sebuah legenda tentang Bagaimana terbentuknya Ngarai Sianok ini.

Untuk Menuju lokasi wisata, dari bandara internasional Minangkabau, kamu dapat naik mobil sewaan atau minibus yang melintasi rute Padang-Bukit Tinggi ke Bukit Tinggi. Dengan jarak antara Padang dan Bukit Tinggi yang mencapai 90 KM, untuk menuju ke Bukittinggi kamu membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Setibanya di Bukittinggi, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum yang banyak dijumpai menuju ke Ngarai Sianok. Namun untuk kenyamanan, disarankan lebih baik menggunakan mobil pribadi atau agen travel. Agar ada keleluasaan waktu dalam menikmati keindahan ngarai ini.

Didalam objek Wisata ini, banyak hal yang indah yang bisa kamu jumpai. Seperti, Taman Panorama Ngarai Sianok. Tujuan utama wisatawan yang datang ke objek wisata andalan Bukittinggi, umumnya adalah untuk menyaksikan panorama Ngarai Sianok dengan latar Gunung Singgalang. Untuk itulah dibangun fasilitas taman ini. Sebuah taman yang berposisi strategis di salah satu bibir tebing. setelah berpuas diri, perjalanan dapat dilanjutkan ke dasar Ngarai yang menawarkan Keindahan Alam yang luar biasa. Area persawahan Bukittinggi dibawah ngarai memiliki Sawah-sawah yang tertata rapi dan elok. Bahkan belakangan ini, menjadi destinasi wisata dan spot berswafoto yang viral di berbagai media sosial, seperti instagram.

Jangan lupa juga untuk Mengunjungi Goa Jepang. Goa Jepang adalah saksi bisu sejarah penjajahan atau pendudukan Jepang yang masih tersisa ampai sekarang di Indonesia. Goa ini digunakan tentara Jepang sebagai tempat pertahanan tentara Jepang di Bukittinggi sekitar tahun 1942-1945. Akses memasuki Goa Jepang melalui pintu masuk Tamann Panorama. Sebenarnya ada dua pintu masuk lainnya, yaitu arah jalan Ngarai Sianok dan samping istana Bung Hatta. Namun kini kedua jalan masuk tersebut telah ditutup. Goa buatan ini memilki panjang sekitar 1,5 kilometer. Saat ini, dengan alasan keamanan, yang dibuka untuk kunjungan publik hanya 750 m. Dengan rongga berbentuk setengah lingkaran dengan tinggi berkisar dua meter, goa ini cukup nyaman untuk dijelajahi. Kecuali beberapa bagian yang agak rendah, membuat pengunjung harus sedikit membungkuk untuk melewatinya.

Sekilas informasi tentang Tempat Wisata Ngarai Sianok, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sebagai salah satu referensi wisata ketika sedang merencanakan jadwal liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *