Menakjubkannya Candi Borobudur, Jawa Tengah

Menakjubkannya Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu candi buddha terbesar di dunia dan ada di Indonesia. Meskipun, kita kadang lupa akan hal ini. Di Indonesia banyak peninggalan yang tergolong luar biasa, namun malahan kita anggap biasa saja. Megahnya artitektur candi borobudur, luas area, dan juga sejarahnya membuat candi ini masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia. Sudah ditetapkan langsung oleh UNESCO. Wisata ke candi borobudur bisa bermanfaat banyak buat para wisatawanya. Selain liburan, sekaligus juga belajar sejarah dan mengagumi hebatnya budaya serta kemampuan leluhur kita dulu.

Sejarah berdirinya candi borobudur diperkirakan di sekitar masa tahun 750 Masehi. Candi Borobudur dibangun oleh raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra, salah satu dinasti besar dan berkuasa yang pernah ada di Indonesia. Candi ini menjadi pusat perkembangan agama Buddha saat itu sampai pada akhirnya ditelantarkan. Kemungkinan penyebabnya adalah karena serangkaian letusan gunung Merapi, yang menyebabkan penduduk berpindah ke tempat lain yang lebih aman. Pendapat lain juga menyebutkan bahwa tempat ini mulai benar-benar ditinggalkan setelah agama islam menyebar ke tanah jawa. Terlantar, alam pun kembali berkuasa. Candi Borobudur ditutupi tanah dan pepohonan sehingga benar-benar menjadi bukit. Meskipun demikian, mitos dan cerita tentang candi ini tetap hidup di masyarakat.

Sekarang ini, Candi Borobudur telah menjadi tujuan tempat wisata favorit di Jawa tengah. Tak hanya sebagai tempat wisata, peninggalan bersejarah ini juga berfungsi kembali menjadi salah satu tempat keagamaan dan ziarah agama Budha di Indonesia. lantas, Apa saja daya tarik wisata candi Borobudur ini? Hal pertama, tentu karena tempatnya. Kemegahan candi ini memang tiada duanya. Jika anda lihat langsung, akan terasa sekali besarnya bangunan dan keseluruhan area. Berada di ketinggian, keindahan arsitektur dan alam sekitar candi terasa banget. Dua hal mencolok yang langsung terlihat saat wisata ke candi borobudur; banyaknya relief (ukiran dinding) dan Stupa. Selain indahnya kombinasi kedua hal ini, ternyata makna yang tergandung juga dalam banget.

Terdapat 3 zona di candi borobudur tersebut yang terdiri dari :
1. Kamadhatu. Berupa 160 relief dinding dengan penjelasan tentang hukum sebab-akibat. Melambangkan alam dunia.
2. Rupadhatu. Terdiri dari ukiran relief dan patung Buddha. Ada sekitar 328 patung buddha disini. Melambangkan alam peralihan, alam dimana manusia terbebas dari urusan dunia.
3. Arupadhatu. Zona ini adalah zona lingkaran di pusat candi, berupa tiga serambi yang mengarah ke kubah di bagian tengah. Area ini tidak ada hiasan relief, menandakan kemurnian tertinggi.

salah satu daya tarik lainnya yang diincar oleh para wisatawan adalah menikmati sunrise di candi Borobudur. Panorama sunrise di di puncak candi ini sudah banyak diabadikan dan memang indah banget. Selain itu, ada satu lagi daya tarik dari Wisata Candi Borobudur yaitu Safari gajah, salah satu aktifitas unik yang bisa kamu lakukan. Tentu sensasinya bakal beda banget. Hanya saja, harga yang dibayar untuk paket safari gajah borobudur cukup terbilang mahal. Ada berbagai paket yang ditawarkan, dengan berbagai pilihan durasi waktu dan area yang dikunjungi. Harga mulai dari Rp 250.000/orang.

nah, itu sekilas tentang wisata di candi borobudur, Jawa Tengah. semoga Artikel ini bermanfaat dan teman-teman dapat informasi terkait candi borobudur ini. terima kasih dan selamat beraktivitas!!     x

Leave a Reply

Your email address will not be published.