Liburan Menikmati Indahnya alam di Kepulauan Mentawai

Liburan Menikmati Indahnya alam di Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai

Apabila pergi ke Sumatera Barat, jangan hanya mampir ke Kota Padang. Tahukah kamu jika Sumatera Barat juga punya destinasi wisata yang indah yaitu Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai terdiri dari empat pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Selatan dan Pulau Pagai Utara beserta ratusan pulau kecil di sekitarnya. Semuanya menyimpan berbagai obyek wisata alam dan budaya yang menarik. Berikut ini ada beberapa aktivitas seru selama liburan wisata yang dapat kamu lakukan selama di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Menelusuri Ombak dipantai Mapadegat
Pantai Mapadegat yang berlokasi di Pulau Sipora ini digemari para peselancar dengan kualitas ombaknya yang mendunia. Jika kamu gemar berselancar, wajib hukumnya untuk mencoba mengarungi ombak telescope yang terkenal di sini. Setelah pada siang hari berlelah-lelah di laut, maka carilah spot yang enak untuk bersantai pada sore hari. Langit senja yang fantastis di Mentawai tidak boleh dilewatkan karena belum tentu akan kamu temukan di tempat lain.

Menikmati Indahnya Pemandangan Pantai Jati
Ketika sudah berada di Desa Tuapejat, kamu dapat tiba di Pantai Jati ini dalam waktu sekitar 10 menit saja. Setibanya di sini, kamu bisa menikmati sejuknya udara di bawah keteduhan pohon-pohon kelapa dan membeli jajanan untuk mengisi perut. Garis pantai yang indah mengundang banyak orang datang ke sini untuk bersantai dan berenang. Begitu turun dari Dermaga Tuapejat, maka Pantai Jati dapat menjadi destinasi wisata pertama yang menyenangkan untuk membuka petualanganmu di Kepulauan Mentawai.

Snorkeling di Pulau Awera
Pulau Awera merupakan tempat yang sesuai untuk kamu yang ingin menyepi sambil menikmati indahnya alam Indonesia. Air lautnya sangat jernih dan kamu dapat memuaskan hobimu snorkeling atau menyelam karena perairannya yang tenang. Kamu juga dapat menyewa kapal untuk singgah di pulau ini dan kamu pasti tidak ingin melewatkan peristiwa matahari terbit atau terbenam yang istimewa. Jangan khawatir karena di Pulau Awera ini sudah banyak penginapan agar tidak ada spot cantik yang terlewat olehmu

Berenang didalam Air Terjun Pujujurung
Air Terjun Pujujurung ini tidak terlalu tinggi dan bertingkat-tingkat. Berada di balik rimbunnya pepohonan dan semak-semak, airnya yang jernih juga digunakan masyarakat setempat untuk irigasi. Kamu dapat menaiki kendaraan dan disambung dengan berjalan kaki untuk tiba di air terjun. Jangan lupa membawa baju ganti karena udaranya yang segar dan air yang jernih akan mengundangmu untuk berbasah-basahan di sini.

Memancing di pantai Siruso
Pantai Siruso yang berlokasi di Pulau Siruso ini terkenal sebagai destinasi yang digemari untuk memancing. Laut yang kaya dengan ikan seperti kerapu seperti menggoda para pehobi mancing untuk segera datang. Sambil memancing, mata akan dihibur dengan panorama pantai yang indah khas Mentawai. Kalau berhasil mendapatkan ikan, kamu bisa memanggangnya langsung untuk dinikmati. Pantai ini asyik dikunjungi bersama keluarga dan dijamin rasa ikan segarnya terasa semakin lezat.

Melihat Fauna dan Flora di Taman Nasional Siberut
Jika ingin merasakan penjelajahan hutan yang masih alami dengan ratusan flora dan fauna di dalamnya, kamu wajib berkunjung ke Taman Nasional Siberut. Kenakan alas kaki yang tepat agar kamu bisa berkeliling dengan puas dan nyaman di dalam taman nasional ini. Kamu dapat menemui suku Mentawai yang tinggal di dalam Taman Nasional Siberut dan melihat keseharian mereka. Terdapat berbagai tumbuhan mulai dari mangrove, palem dan aneka tumbuhan endemik. Fauna endemik seperti celepuk Mentawai, siamang Mentawai dan monyet Mentawai juga tinggal di sini. Kekayaan alam Mentawai yang ada di Taman Nasional Siberut akan membuatmu terpesona dan kamu pun dapat menyewa jasa pemandu wisata agar pengalamanmu lebih menyenangkan..

Mengamati Banyak Kebudayaan di Desa Matotonan
Desa wisata lain yang cukup terkenal di Kepulauan Mentawai adalah Desa Matotonan yang masih berada di dalam wilayah Taman Nasional Siberut. Kamu dapat mendengar kisah sejarah mengenai suku asli Mentawai dan melihat berbagai aktivitas mereka seperti berburu dan melakukan pesta adat. Pesta adat dapat berlangsung hingga tiga hari dan selama pesta, banyak ritual yang dapat kamu saksikan. Jika kamu ingin membawa pulang kenang-kenangan dari Mentawai, kamu pun bisa membuat tato tradisional atau disebut juga titi. Dikerjakan secara manual dan bukan dengan mesin, ragam bentuk yang ditato di tubuh punya makna yang dalam bagi masyarakat Mentawai.

Nah, itu dia tadi sekilas informasi tentang Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sebagai salah satu referensi wisata ketika sedang merencanakan jadwal liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *