Liburan ke Kepulauan Seribu, ini dia 7 pulau indah yang wajib dikunjungi

Liburan ke Kepulauan Seribu, ini dia 7 pulau indah yang wajib dikunjungi

Kepulauan Seribu

Jakarta punya Kepulauan Seribu sebagai salah satu destinasi wisatawan favorit. Gugusan pulau di Teluk Jakarta itu menawarkan wisata bahari yang indah bagi wisatawan yang ingin melepas stress setelah rutinitas sehari-hari. Saat ini, pemerintah setempat sudah melakukan beragam peningkatan fasilitas demi kenyamanan dan keamanan wisatawan. Jadi, destinasi wisata ini sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai tujuan wisata saat liburan nanti. Berikut sejumlah spot wisata di Kepulauan Seribu yang wajib untuk kalian kunjungi.

1. Pulau Bidadari
Siapa sangka sebelumnya nama pulau ini dulunya adalah Pulau Purmered atau Pulau Sakit. Dinamakan begitu karena digunakan sebagai tempat pengasingan orang sakit pada zaman penjajahan Belanda. Di Pulau Bidadari, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan watersport seperti banana boat, jetski dan kano. Tersedia pula tempat menginap atau resort yang eco-friendly. Resort ini memiliki desain seperti perkampungan nelayan Minahasa di Sulawesi Utara yang mengapung di atas laut.

2. Pulau Onrust
Pulau Onrust awalnya merupakan kawasan asrama haji yang didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda bagi jemaah haji Indonesia. Nama pulau ini berasal dari bahasa Belanda Onrust yang artinya tidak pernah beristirahat, sebab pada zaman penjajahan Belanda pulau ini menjadi pusat pergudangan dan tempat hilir mudik kapal angkatan laut Belanda yang selalu ramai setiap harinya.

3. Pulau Tidung
Pulau Tidung memiliki dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan oleh Jembatan Cinta. Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni sehingga fasilitas umum di pulau ini terbilang lengkap. Sebaliknya, Pulau Tidung Kecil merupakan kawasan penelitian serta konservasi hutan bakau atau mangrove yang tidak berpenghuni. Di Pulau Tidung Kecil, wisawatan dapat melakukan snorkeling serta diving. Air laut yang jernih dan perairannya yang bebas polusi dijamin akan membuat betah bermain air.

4. Pulau Ayer
Pulau ini dulu menjadi tempat peristirahatan bagi Presiden Soekarno hingga raja-raja Banten. Pulau Ayer dikenal dengan wisata resort yang mengambil tema rumah adat Papua berupa Honai, yang terletak mengapung di atas laut. Fasilitas di pulau ini tergolong lengkap, mulai dari penginapan murah hingga resort, variasi wisata air yang menarik, toko-toko cenderamata serta jadwal kapal yang cukup banyak. Protokol kesehatan pun sudah diterapkan di sini.

5. Pulau Pelangi
Pulau Pelangi terletak di ujung utara Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki air sejernih kristal dengan pantai pasir putih yang memesona. Pulau ini termasuk pulau yang ramah wisatawan dan anak karena pantainya yang landai dengan pemecah ombak di beberapa bagian pulau serta penanda aman kedalaman untuk menyelam. Anak-anak juga akan senang berada di pulau ini karena hamparan pasir putih yang bersih dan luas bisa menjadi arena bermain yang menyenangkan. Terdapat pula restoran apung yang akan memberikan pengalaman makan malam romantis.

6. Pulau Pari
Pulau Pari dikenal dengan Pantai Pasir Perawan serta terumbu karangnya yang sangat memesona. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sunset serta sunrise yang memanjakan mata. Atraksi wisata lain di pulau ini antara lain watersport, menanam bakau, bersepeda keliling pulau, snorkeling, diving serta berkunjung ke lembaga penelitian biota laut milik LIPI.

7. Pulau Pramuka
Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau berpenghuni sehingga fasilitas umum di pulau ini termasuk lengkap. Wisatawan dapat melakukan snorkeling serta diving di pulau Pramuka dan pulau sekitarnya yang dikenal dengan keindahan surga bawah lautnya. Selain itu, wisatawan dapat bersantai di tepi pantai dengan berjemur, berenang, bermain voli, atau menikmati wisata edukasi dengan mengunjungi penangkaran penyu sisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *