Ini dia 5 aktivitas seru yang bisa dilakukan di Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Ini dia 5 aktivitas seru yang bisa dilakukan di Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman Nasional Way Kambas

Selain sebagai tempat konservasi untuk melindungi satwa dari pemburuan, Taman Nasional sering kali menawakan pemandangan indah yang selalu diidam-idamkan oleh wisatawan. Termasuk Taman Nasional Way Kambas. Sebagai tempat pelestarian gajah dan badak, taman nasional ini ada bertujuan untuk sarana konservasi dan zonasi berbagai fauna dari kepunahan. Selain itu juga sebagai sarana edukasi kepada wisatawan agar lebih cinta fauna dan melestarikannya. Memiliki wilayah dengan luas lebih dari 125.000 hektare ini sebagian besar masih berupa hutan rimba. Disini, kalian bakalan disuguhkan gajah sumatera yang bisa dibilang menjadi ikon darinya. Kita mungkin sudah tahu, saat ini Gajah Sumatera diancam kepunahan.

Selain menyuguhkan pemandangan alamnya yang indah, tentu taman nasional ini memiliki banyak daya tarik yang menjadi keunikannya tersendiri. Terlebih lagi ikon gajah sumatranya, tentu binatang berukuran besar ini sangat menarik perhatian wisatawan. Berikut ini adalah 5 aktivitas seru yang bisa para pengunjung lakukan selama berwisata di dalam Taman Nasional Way Kambas.

1. Melihat Atraksi dari Gajah
Selayaknya sedang menonton gajah sirkus, gajah yang ada di taman nasional ini bisa berbagai kemampuan manusia, seperti joget, parade, dan bahkan menendang bola. Bayangkan, kalian melihat gajah sedang joget. Apa kalian nggak tersenyum menahan tawa. Sedang kalian sendiri tahu seberapa besar tubuh gajak itu. Malah ada atraksi yang ektrem, yaitu melangkahi deretan manusia yang terbaring dan lain sebagainya. Tentu atraksi ini dilakukan oleh profesional yang sudah berinteraksi lama dengan gajah itu. Tingkah pola yang lucu, gerakannya yang lemah gemulai, dan belalainya yang selalu bergerak memberikan kebahagiaan tersendiri bagi yang menontonnya.

2. Menunggangi Gajah
Kegiatan ini merupakan wahana yang sangat menarik di Way Kambas. Kalian bisa mengelilingi taman nasional dengan menunggangi gajah yang sudah terlatih. Dijamin, kalian bakalan dapat sensasi yang berbeda. Ketika berkeliling sambil menunggangi gajah, kalian juga bepotensi bertemu dengan berbagai satwa liar yang menghuni taman nasional tersebut. Jadi, waktu terbaik agar kalian bisa melihat satwa liar itu adalah di pagi atau sore hari. Kalian juga bisa berkeliling di malam hari untuk mengamati satwa yang aktif berkegiatan di malam hari.

3. Memandikan Gajah
Selain beratraksi, ternyata melihat gajah mandi juga menarik. Tingkahnya seperti anak kecil yang dimandikan mamanya, membuat wisatawan begitu terhibur. Ketika kalian melihat pemandangan ini, hati kalian bakalan luluh mengakui betapa lucunya gajah itu. Meski tubuhnya besar, kulitnya tebal, dan terlihat tangguh, kalau dimandikan manja juga. Gajah sering kali bermain-main air ketika dimandikan. Petugas pemandian sudah paham prilaku tersebut.

4. Menelusuri Hutan
Buat Kalian ingin merasakan serunya menyusuri hutan dan sungai di taman nasional ini Jungle Track adalah solusinya. Kalian bisa menyusuri hutan dengan beragam flora dan faunanya disini. Dengan menaiki perahu motor, kalian bisa bercengrama sambil melihat berbagai panorama indah taman nasional di Lampung ini. Setelah itu, anda berjalan 2 km sambil menikmati serunya jelajah hutan sambil melihat pemandangan yang sanga memukau.

5. Camping di dalam Taman
Bagi kalian yang merasa satu hari belum cukup untuk menikmati keindahan raman nasional ini, tenang ada fasilitas berkemah disini, akan tetapi tidak boleh sembarangan. Banyak dari wisatawan, terutama yang merupakan pecinta alam menginap di Way Kambas. Terlebih lagi peneliti yang memang ingin mengamati kehidupan satwa di malam hari juga diperbolehkan menginap. Namun, jika diperbolehkan berkemah di taman nasional ini, kalian hanya boleh di spot-spot tertentu aja dan tentu saja setelah mendapatkan izin dari petugas. Selain berkemah, kalian juga bisa menginap di penginapan sekitar Way Kambas atau berkemah di sebuah tempat khusus yang memang disediakan untuk wisatawan yang menginap.

Nah, itu dia tadi sekilas informasi tentang Tempat Wisata Taman Nasional Way Kambas, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sebagai salah satu referensi wisata ketika sedang merencanakan jadwal liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *