Fakta menarik tentang Alam Bawah Laut Taka Bonerate, Sulawesi Selatan

Fakta menarik tentang Alam Bawah Laut Taka Bonerate, Sulawesi Selatan

Wisata Alam Bawah Laut Taka Bonerate

Bagi para penyelam di dunia, menemukan laut dengan keindahan di dalamnya tentu seolah menemukan surga. Pesona akan kecantikan dan keindahan yang tak bisa dipungkiri ada di Indonesia. Untuk para pemula, olahraga diving ini menjadi sebuah aktivitas menyenangkan terlebih saat lokasi penyelaman ini benar-benar istimewa. Taman Laut Taka Bonerate, taman laut yang menawarkan kemegahan dunia bawah laut. Berada di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan membuat objek wisata ini makin dikenal.

Sulawesi Selatan memang salah satu poros pariwisata yang diperhatikan. Adanya taman laut Bunaken menjadi yang terpopuler. Tetapi masih ada wisata lain yang diketahui juga tak kalah cantiknya yakni Taman Laut Taka Bonerate ini. Mereka yang datang tak hanya dari wisatawan lokal saja tetapi bahkan dari wisatawan mancanegara. Ada beberapa fakta dari Taman Laut Taka Bonerate yang membuat kita bangga, yaitu

1. Kawasan Atol terbesar ketiga di dunia
Siapa yang menyangka bahwa Taman Laut Bonerate ini memang terbilang menjadi kawasan atol atau terumbu karang terbesar ketiga di dunia. Setelah adanya Kwajifein yang ada di kepulauan Marshall dan sebuah negara kepulauan yang ada di Samudera Pasifik di bagian barat serta Suvadiva di Kepulauan Maladewa, Taman Laut Taka Bonerate ini menjadi yang terbesar. Kawasan terumbu karang yang ada disini sekitar 220.000 hektare. Sementara sebaran terumbu karangnya ada di 500 km persegi. Tentu hal ini membanggakan dimana Indonesia sebagai pemilik Taman Laut Bunaken yang bisa mengembangkannya lagi.

2. Memiliki Banyak Kekayaan Alam
Tak banyak yang tahu bahwa Taman Laut Bonerate ini merupakan letusan gunung berapi yang ternyata terendam sekitar 200 meter di bawah permukaan air laut. Disinilah hidup beraneka macam tanaman laut dan menawarkan sejuta keindahan yang ada. Menurut Departemen Kehutanan Takabonerate, objek wisata ini memiliki setidaknya 244 jenis moluska dan banyak nudibranch atau yang sering disebut dengan siput telanjang. Tak hanya itu, di kawasan Taman Laut Taka Bonerate ini juga merupakan rumah untuk para penyu. Setidaknya ada empat jenis penyu yang ada di dalamnya. Misaalnya saja seperti penyu lekang, penyu tempayan, penyu sisik dan juga penyu hijau.

3. Spot Diving yang Bervariasi
Taman Laut Taka Bonerate ini memang menjadi surga untuk para pecinta diving. Beberapa spot diving yang bisaa dikungjuni adalah spot mercusuar. Spot ini memiliki karakteristik lokasi yang berupa reef edge atau karang tepi. Memiliki suhu 27 derajat dan juga pola arus yang berupa arus susur pantai. Spot mercusuar juga memiliki kecepatan arys 0.25 meter per detik, kedalaman sekitar 5 hingga 8 meter serta kecerahan perairan yang mencapai 10 meter. Kondisi karang hidup mencapai 30 hingga 70 persen.

4. Punya Banyak Pulau
Indonesia memang memiliki tujuh Taman Nasional laut. Salah satunya adalah Taka Bonerate yang dikenal luar biasa. Setidaknya ada lima belas pulau yang masing-masing memiliki pesona keindahan tersendiri dan ditawarkan untuk siapa saja yang datang. Ada pulau-pulau cantik seperti Pulau Tinabo, Pulau Lantigiang dan sebagainya. Pesona pulau ini bisa dinikmati dengan cara snorkeling ataupun diving.

5. Jinato Wall Paradise
Jinato Wall Paradise merupakan spot diving yang terasa lebih spesial daripada spot diving pada umunya. Karena memiliki kedalaman hingga 15 meter dan juga kecerahan mencapai 15 sampai 20 meter. Kondisi terumbu karang pada Jinato Wall Paradise ini cukup bagus dengan tutupan karang yang berkisar 57 hingga 83 persen. Spot tersebut didominasi dengan hardcoral dan softcoral. Pengunjung bisa menikmati berbagai jenis biota laut seperti butterfly fish, cardinal fish, angelfish, eagle rays, moray, kima, lobster hingga trigger fish. Dengan adanya 43 spot diving di Taman Nasional Taka Bonerate ini tentu menarik banyak minat wisatawan. Terutama yang ada di Jinato Wall Paradise karena memiliki wall begitu indah.

Nah, itu dia tadi sekilas informasi tentang Tempat Wisata di Taman Laut Taka Bonerate, Sulawesi Selatan, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sebagai salah satu referensi wisata ketika sedang merencanakan jadwal liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *