Berkunjung ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Berkunjung ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat

Destinasi Wisata singkawang

Singkawang adalah sebuah kota yang berada di provinsi Kalimantan barat. Singkawang merupakan wilayah pantai dan perbukitan yang membuat tempat itu terkenal dengan keindahan alamnya. Tidak hanya itu, singkawang juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai kota paling toleransi se-Indonesia. Singkawang juga terkenal karena makanan dan tradisi yang masyarakatnya junjung. Kota ini akan ramai dikunjungi saat perayaan Imlek hingga Cap Go Meh, karena mayoritas masyarakatnya keturunan Tionghoa. Berikut ini adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi untuk menikmati liburan di Singkawang.

Rumah Marga Tjhia
Rumah Marga Tjhia adalah salah satu cagar budaya yang telah berdiri sejak 1901. Rumah ini didirikan dengan kayu ulin dan memiliki gaya ala timur dan barat. Jika mengunjungi bangunan ini, maka pengunjung akan disuguhkan ukiran, ornamen dan barang bersejarah yang masih dijaga keberadaannya. Rumah Marga Tjhia buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 17.30 WIB.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya
Vihara ini akan ramai dikunjungi saat Imlek hingga menjelang Cap Go Meh karena semua tatung atau loya (dukun Tionghoa) wajib meminta restu Dewa Bumi Raya di vihara ini sebelum mereka berkeliling kota menjalankan ritual membersihkan kota dari roh jahat. Vihara ini telah ada sejak 1878. Vihara ini berada di Jalan Sejahtera No.28, Melayu, Singkawang Barat Kota Singkawang.

Pantai Batu Burung
Pantai Batu Burung merupakan salah satu pantai di Singkawang. Pantai ini dihiasi oleh batu-batu granit yang tersebar di pantai. Serta jembatan yang menghubungkan pengunjung ke batu granit tersebut. Terletak Jalan Malindo Sedau, Singkawang Selatan. Pantai Batu Burung berjarak 22 Kilometer dari pusat Kota Singkawang. Tidak ada biaya masuk untuk ke pantai ini, pengunjung hanya perlu untuk membayar biaya parkir.

Waterboom Taman Cinta
Berlokasi di Jalan Raya Pajintan, Singkawang Timur. Waterboom ini memiliki fasilitas ombak buatan, kolam renang, kolam ombak, seluncuran. Hingga terdapat hotel dan villa. Untuk dapat menikmati fasilitas yang ada pengunjung perlu membayar sebesar Rp40 ribu per orang.

Teratai Indah
Terletak di Kecamatan Singkawang Barat, Kelurahan Pasiran. Tidak sampai 10 menit dari kota Singkawang. Taman rekreasi Teratai Indah ini dikelilingi pegunungan dan perbukitan, pengunjung juga dapat bermain bebek-bebekan di danau serta berenang.

Rumah Adat Dayak
Bangunan ini masih digunakan sebagai tempat acara-acara kebudayaan yang ada di Singkawang. Di sini wisatawan dapat memperdalam tentang kebudayaan Dayak.

Taman Rekreasi Cidayu
Nama Taman Cidayu ini diambil dari singkatan kata Cina, Dayak dan Melayu, yang merupakan tiga suku terbesar di Singkawang. Tempat ini tidak hanya taman bunga, namun terdapat fasilitas yang penginapan dan kantin.

Taman Pasir Panjang Indah
Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat dan berjarak sekitar 17 kilometer dari kota Singkawang. Fasilitas di Pantai Pasir Panjang Singkawang terdapat pusat informasi pariwisata, persewaan speed boat, sepeda air, darmoling, gokart, shelter-shelter, pondok wisata, dan toko suvenir. Dan akan ramai pada sore hari.

Hutan Mangrove Setapuk
Hanya dengan membayar Rp3.000 maka pengunjung sudah dapat menyusuri pantai di area hutan Mangrove Setapuk. Selain itu, pengunjung juga dapat mengenal hutan mangrove dan kegunaannya untuk lingkungan. Hutan mangrove ini berada di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara.

Palm Beach Pasir Panjang
Sempat memiliki nama Taman Impian Pasir Panjang yang lokasinya bersebelahan dengan Taman Pasir Panjang Indah. Destinasi wisata Palm Beach dibangun sejak tahun 1991 dengan luas 10 ha, berlokasi di Kecamatan Singkawang Selatan kurang lebih 8 km dari kota singkawang. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati fasilitas seperti hotel, kolam renang, kantin, bumi perkemahan, arena offroad, area volly Pantaiwahana.

Nah, itu dia tadi sekilas informasi tentang Tempat Wisata di kota Singkawang, Kalimantan Barat, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sebagai salah satu referensi wisata ketika sedang merencanakan jadwal liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *