Jalan jalan ke Pulau Labuan Bajo

Jalan jalan ke Pulau Labuan Bajo

Labuan Bajo

Liburan ke Labuan Bajo selalu menjadi impian banyak orang. Sejak foto-foto bagus dari para traveler, influencer, hingga selebritis yang berlibur ke Labuan Bajo viral di Instagram, Labuan Bajo langsung jadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Apalagi Labuan Bajo adalah titik mula perjalanan ke Taman Nasional Komodo yang menyimpan keindahan alam seperti Pulau Padar, Pink Beach, dan diving spot terbaik, dan tentu saja satwa Komodo yang tidak ada duanya di muka bumi. Satu hal yang pasti liburan ke Labuan Bajo akan memberikan kamu kenangan yang tak terlupakan seumur hidup.

Meski awalnya hanya merupakan desa nelayan, namun keberadaan Taman Nasional Komodo dan berbagai keindahan alamnya, membuat tempat ini menjadi tujuan wisata wisatawan domestik maupun internasional. Tetapi bukan berarti tempat wisata di Labuan Bajo hanya ada di pulau-pulau di Taman Nasional Komodo saja, karena di area Labuan Bajo sendiri, ada banyak tempat menarik yang patut didatangi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi disekitar wilaya labuan Bajo.

Bukit cinta
Sebab letaknya di ujung barat Pulau Flores, dengan laut lepas di hadapannya, Labuan Bajo adalah salah satu kota terbaik untuk melihat sunset. Ada beberapa titik yang menyajikan sunset terbaik di sini, salah satunya Bukit Cinta. Kamu bisa mendaki Bukit Cinta sekitar 30 menit dari area parkiran. Tidak ada biaya yang harus dibayarkan kok untuk melihat sunset di sini, hanya biaya parkir saja. Kamu bisa datang sekitar pkl 17.00 WITA agar sampai di sekitar puncak saat Golden Sunset terjadi.

Puncak Amelia
Puncak Amelia merupakan salah satu tempat lainnya di Labuan Bajo di mana kamu bisa melihat matahari terbenam dengan pemandangan yang luar biasa. Letaknya sebenarnya tidak jauh dari Bukit Cinta, namun rute untuk menuju ke sana agak memutar sehingga terasa jauh. Lokasinya dekat dengan Pantai Waecicu, sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Puncak Amelia juga berdekatan dengan Puncak Sylvia, jadi kamu bisa mengunjungi salah satu dari dua bukit ini untuk melihat sunset.

Pantai Waecicu
Pantai Waecicu adalah pantai berpasir putih di sekitar utara Labuan Bajo. Lokasinya tidak jauh dari AYANA Komodo Resort yang populer banget. Ombaknya tidak deras, jadi untuk berenang atau sekadar bersantai pun menyenangkan di sini. Kamu juga bisa melihat berbagai kapal layar dengan bentuk yang cantik juga dari pantai ini. dikarenakan lokasinya tidak jauh dari Bukit Cinta, Bukit Amelia, ataupun Bukit Sylvia, kamu bisa bersantai sore di sini, lalu pergi ke salah satu spot melihat sunset tersebut untuk pemandangan yang luar biasa.

Goa Batu Cermin
Hanya berlokasi 4km dari Labuan Bajo, Goa Batu Cermin adalah sebuah gua yang terletak di salah satu bukit di Labuan Bajo. Namanya diambil dari fenomena cahaya yang memantul di bebatuan di salah satu titik di dalam gua, yang membuatnya seolah seperti cermin. Lokasinya yang tak jauh dari berbagai area wisata utama di Labuan Bajo bikin goa ini jadi salah satu yang wajib kamu kunjungi kalau liburan ke Labuan Bajo.

Goa Rangko
Pernah berenang di dalam goa sebelumnya? Kalau belum, cobalah melakukannya di Goa Rangko. Terletak sekitar setengah jam dari pusat Labuan Bajo, Goa Rangko adalah sebuah goa dengan kolam alami yang airnya sangat jernih dan dingin. Airnya sendiri air laut karena goa ini terletak di sebuah pulau lepas pantai dari Desa Rangko. Rute untuk ke Goa Rangko memang tidak mudah dan harus menggunakan lebih dari satu moda transportasi. Kamu bisa menggunakan motor atau mobil ke Desa Rangko, lalu melanjutkan perjalanan dengan perahu.

Nah, itu dia tadi sekilas informasi tentang Tempat Wisata Labuan Bajo, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sebagai salah satu referensi wisata ketika sedang merencanakan jadwal liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *