5 Tempat wisata yang Indah dan Menarik di sekitar Kawah Ijen, Jawa Timur

5 Tempat wisata yang Indah dan Menarik di sekitar Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen

Wisata Alam Kawah Ijen merupakan Objek Wisata yang masuk dalam wilayah cagar alam Tamna Wisata Ijen dengan luas mencapai 2560 hektare. Terletak di puncak Gunung Ijen di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Gunung Ijen meerupakan Gunung berapi yang masih aktif dan memiliki ketinggian 2443m diatas permukaan air laut. kawasan Wisata ini terkenal akan fenomena alamnya yang unik yang disebut dengan fenomena alam Blue Fire atau Api Biru. Hal ini mengakibatkan Objek Wisata yang satu ini telah dikenal oleh para Wisatawan lokal hingga mancanegara karena keindahan alamnya yang Indah dan unik.

Ketika sedang berlibur di kawasan Kawah Ijen, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata lain yang letaknya tidak jauh dari Kawah Ijen yang tentunya akan menjadi piihan tepat untuk melengkapi liburan kamu selama berada di Banyuwangi. Tempat wisata di sekitar Kawah Ijen bisa menjadi pilihan liburan seru saat ke Banyuwangi. Jika kamu berencana untuk mendaki Gunung Ijen, kamu bisa mampir dulu untuk bersantai di destinasi sekitar menikmati udara yang segar. Apalagi jika kamu sudah menempuh perjalanan yang jauh ke Banyuwangi hanya untuk mengunjungi Kawah Ijen, tentu kamu ingin yang lebih lagi, bukan? Berikut ini adalah 5 Tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika sedang berada di kawasan Kawah Ijen.

1. Air Terjun Kampung Anyar
Salah satu tempat wisata di sekitar kawah ijen adalah Air Terjun Kampung Anyar. Lokasinya berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kec Glagah. Air Terjun Kampung Anyar merupakan nama untuk tiga air terjun yang terdapat di kampung ini. Ketiga air terjun tersebut di antaranya adalah Air Terjun Jagir, Air Terjun Sumber Pawon, dan Air Terjun Bidadari. Ketiganya memiliki keindahan tersendiri dan menawarkan kesegaran alam yang menenangkan.

2. Air Terjun Blawan
Tempat wisata di sekitar Kawah Ijen selenjutnya adalah Air Terjun Blawan. Lokasinya berada di area pemandian air panas, tepatnya di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Air dari air terjun ini bersumber dari Kawah Ijen yang mengandung kadar belerang tinggi. Kamu bisa mengunjungi lokasi Air Terjun Blawan ini tidak jauh dari Kawah Ijen.

3. Kawah Bulan Sabit
Tidak jauh dari Kawah Ijen, kamu juga bisa menemukan Kawah Bulan Sabit yang juga menyimpan keindahan tersendiri. Kawah Bulan Sabit merupakan kawah yang di tengah-tengahnya terdapat sebuah gundukan yang berbentuk seperti bulan sabit. Keindahan kawah yang berada di ketinggian 2.800 mdpl ini menawarkan pemandangan sisi lain kawah ijen, gagahnya gunung raung dan kota Banyuwangi dari ketinggian.

4. Desa Taman Sari
Tempat wisata di sekitar Kawah Ijen berikutnya adalah Desa Taman Sari. Desa ini berada di kawasan Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur. Desa Taman Sari ditempati oleh suku asli Kabupaten Banyuwangi, yaitu Suku Osing. Di sini kamu bisa melihat keunikan budaya masyarakat Osing.

5. Pemandian Air Panas
Salah satu tempat wisata di sekitar Kawah Ijen yang tidak boleh dilewatkan adalah pemandian air panas. Di Sekitar Ijen memang terdapat pemandian air panas yang dapat mengembalikan stamina yang telah terkuras setelah digunakan untuk mendaki. Air panas disini mengandung belerang yang berkhasiat untuk kesehatan kulit dan menghilangkan pegal-pegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *