Pesona Indah Danau Toba, Sumatera Utara

Pesona Indah Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu objek wisata terpopuler di Indonesia. Terletak di Provinsi Sumatera Utara, danau ini menyimpan sejuta pesona alam yang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Jika berniat untuk menghabiskan waktu liburan di Danau Toba, pastikan kamu tahu dulu beragam lokasi wisata menarik yang bisa dikunjungi di sana. Salah satunya adalah mengabadikan momen di Kebun Bunga Sapo Juma Tongging. Sapo Juma sebenarnya adalah sebuah penginapan di pinggir Danau Toba. Suasana yang tenang dengan suguhan kecantikan Danau Toba memberikan Anda pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Kamu juga bisa melihat panorama Danau Toba dari atas Bukit Holbung atau yang biasa dijuluki sebagai Bukit Teletubbies versi Sumatera Utara. Untuk sampai ke atas bukit, Anda bisa tracking selama 10-15 menit melalui jalan setapak sambil melihat bukit di sepanjang pendakian. Sesampainya di puncak, Anda akan terpesona saat melihat indahnya panorama di sekitar. Selain wisata alam, Kamu juga bisa ikut merasakan pengalaman mengenal Suku Batak lebih dekat di Desa Wisata Tomok. Desa ini adalah sebuah desa tradisional yang dikenal sebagai pintu gerbang dan pengenalan Samosir. Di sini Anda juga bisa menemukan sarkofagus batu besar kepala suku Sidabutar.

Desa ini telah menjadi desa wisata di Samosir sejak dahulu karena selain menyajikan wisata sejarah untuk mengenal budaya Batak Toba, kamu juga bisa berwisata belanja di sini. Untuk tempat beristirahat, ada beragam tempat menginap yang tersedia di sekitar Danau Toba. Salah satunya adalah Tiara Bunga Hotel and Villa. Hotel ini menyajikan view yang langsung berhadapan dengan indahnya panorama Danau Toba. Anda juga bisa menikmati sejuknya udara Danau Toba dari balkon yang tersedia.

Selain itu, juga ada Taman Simalem Resort yang menawarkan pesona matahari terbit dari balik Danau Toba karena berhadapan langsung dengan danau tersebut. Uniknya, di sekitar resort ini kamu akan menemukan bukit dengan satu pohon yang menjulang yakni One Tree Hill. Bahkan di atas bukit ini Anda bisa menemukan sebuah perahu yang siap untuk dijadikan lokasi berfoto. Untuk sampai di Danau Toba, bisa melalui Kota Parapat yang berjarak sekitar 176 km dari Medan dan bisa ditempuh kurang dari 6 jam perjalanan dengan bus Medan-Parapat atau via Medan-Berastagi. Setelah tiba di Parapat, kamu bisa menyeberang ke Pulau Samosir menggunakan kapal feri yang berangkat setiap 1,5 jam sekali. Ada 2 tujuan di Pulau Samosir, yakni Desa Tomok dan Desa Tuk Tuk yang juga menyediakan hotel dan restoran. Sementara jika Anda datang dari selatan via Bukittinggi dan Tarutung, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus.

Agar suasana berlibur semakin penuh kesan, kamu juga bisa sekalian mampir ke Medan untuk menikmati pengalaman lainnya. Medan juga memiliki banyak lokasi wisata yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Salah satunya adalah Istana Maimun yang memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan beberapa unsur kebudayaan Melayu bergaya Islam ala Timur Tengah, Spanyol, India dan Italia. Setelah itu, kamu bisa singgah untuk membeli Bika Ambon yang lezat di Jalan Mojopahit No 62. Bika Ambon ini memiliki tekstur yang lembut. Tersedia juga berbagai pilihan rasa seperti original, keju, moka, pandan, dan pandan keju.

Nah, itu dia sekilas tentang wisata kunjungan ke Danau Toba, Sumatera Utara. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke sana. sebagai salah satu referensinya. Terima kasih dan selamat travelling guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *