7 Tempat wisata Indonesia yang mirip dengan wisata di negara lain

7 Tempat wisata Indonesia yang mirip dengan wisata di negara lain

pantai pink lombok

Tempat wisata luar negeri memang sangat menggoda untuk dikunjungi. Namun, alangkah baiknya jika kita memprioritaskan mengelilingi Indonesia terlebih dahulu. Apalagi banyak banget tempat wisata Indonesia yang tak kalah indah, bahkan hampir mirip dengan wisata luar negeri. Berikut ini ada 7 tempat wisata Indonesia mirip luar negeri yang bisa kamu kunjungi untuk liburan akhir tahun bahkan awal tahun. yang pasti kamu tidak perlu repot memikirkan paspor dan visa.

1. Danau Kaolin, Belitung = Pamukkale, Turki
Tak perlu ke Pamukkale, Turki untuk mewujudkan mimpi berendam di pemandian air panas alami bertingkat. Kunjungi saja Danau Kaolin Belitung. Kedua tempat ini memiliki pemandangan yang hampir mirip, yaitu tebing dan permukaan danau sama-sama warna putih dan airnya berwarna biru. Sedangkan, Jika di Turki tebing putih tersebut terbentuk dari endapan mineral kalsium karbonat yang mengendap, Danau Kaolin terbentuk dari bekas penambangan kaolin yang telah lama ditinggal. Bekas kerukan ini kemudian terisi air dan kombinasi dari kaolin yang merupakan mineral membuat airnya menjadi warna biru cantik. Danau Kaolin kini menjadi salah satu destinasi wisata instagrammable yang patut dikunjungi di Belitung.

2. Janjang Koto Gadang, Bukitttinggi = Great Wall of China
Semua orang pasti setuju jika Great Wall of China merupakan salah satu maha karya yang begitu menawan. Tembok besar China pun masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO sekaligus 7 keajaiban dunia. Jika kamu belum punya biaya untuk liburan ke China, melipir saja ke daerah Bukittinggi di Sumatera Barat. Ada Janjang Koto Gadang yang bisa jadi solusi wisata serasa liburan di China. Sedangkan, Janjang Koto Gadang berada di kawasang Ngarai Sianok, Bukittinggi. Kurang lebih 90 km dari Kota Padang dan memiliki panjang 1,5 kilometer. Kamu harus trekking menaiki ribuan anak tangga untuk mencapai puncak Janjang Koto Gadang. Meski melelahkan, kamu akan dimanjakan pemandangan cantik hijaunya pegunungan dan Ngarai Sianok di kejauhan. Dari tempat wisata ini, kamu bisa mampir ke Lobang Jepang Bukittinggi dan juga Ngarai Sianok.

3. Pantai Gigi Hiu, Lampung = Taman Nasional Zhangjiajie, China
Pernah nonton film Avatar? Lokasi panet Pandora di film ini terinspirasi dari Taman Nasional Zhangjiajie yang ada di Provinsi Hunan, China. Pemandangan taman nasional ini begitu cantik, terdiri dari perbukitan batu pasir kuarsa yang menjulang tinggi. Taman nasional yang masuk dalam geopark UNESCO ini jadi salah satu tujuan wisata dunia yang populer. Meski bukan hutan, Indonesia juga memiliki pantai dengan susunan batu karang yang ditumbuhi pepohonan di atasnya, yaitu Pantai Gigi Hiu. Masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama Pantai Pegadungan.

4. Pantai Pink, Lombok = Pink Sands Beach, Bahama
Di dunia ini terdapat tujuh pantai dengan pasir berwarna pink, salah satunya ada di Lombok. Pantai Pink atau yang juga dikenal dengan Pantai Tangsi merupakan tujuan wisata populer di Lombok. Main ke Taman Nasional Komodo atau trekking ke Pulau Padar belum lengkap jika tak mampir ke pantai cantik ini. Pasir pantainya yang berwarna pink terlihat begitu indah dipadu dengan air laut jernih berwarna emerald. Jadi daripada liburan ke Pink Sands Beach di Harbour Island, mending ke Pulau Komodo saja. Ayo, kita nikmati keindahan wisata di negeri sendiri.

5. Raja Ampat Papua = Koh Phi Phi, Thailand
Ingin menjelajahi pantai-pantai cantik berpasir putih yang dikelilingi gugusan pulau batu karang yang begitu memikat? Tidak perlu jauh-jauh hingga ke Koh Phi Phi yang ada di Thailand, Indonesia juga punya Raja Ampat. Gugusan pulau cantik yang ada di Papua ini sangat populer karena menyuguhkan keindahan tiada tara. Ada 4 pulau besar di Raja Ampat yang paling populer, yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Mulai dari island hopping, snorkelling hingga diving, pesona Raja Ampat begitu menggoda.

6. Hutan Bambu Keputih, Surabaya = Hutan Bambu Sagano, Jepang
Hutan Bambu Sagano, Jepang terkenal dengan suara musik alami yang dihasilkan saat angin menerpa batang bambu yang begitu menenangkan. Hutan bambu ini menjadi salah satu wisata menarik di Arashimaya, Kyoto, Jepang. Jalan setapak sepanjang 100 meter menuju Kuil Tenryuji dihiasi pohon bambu di kanan dan kirinya. Namun jika kamu masih menabung untuk bisa liburan ke Jepang, jalan-jalan dulu yuk ke Hutan Bambu Keputih di Surabaya. Tempat wisata ini mirip sekali dengan luar negeri. Meski pohon bambunya tidak serapi Jepang, hutan bambu ini tetap sangat instagrammable, lho. Di seberang hutan ini juga terdapat Taman Sakura yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai sambil menikmati keindahan bunga hias.

7. Pulo Cinta, Gorontalo = Bora-Bora, Tahiti
Ingin menginap di salah satu cottage atas laut Bora-bora dan menikmati air laut yang begitu jernih dan biru? Well, tidak perlu jauh-jauh sampai ke Tahiti karena di Indonesia ada Pulo Cinta di Gorontalo yang tak kalah cantiknya. Pulau yang awalnya tak berpenghuni ini kini sudah dikembangkan menjadi kawasan resort yang begitu menarik. Di pulau ini kamu bisa menemukan hotel di atas laut, sama seperti yang ada di Bora-bora maupun Maldives. Selain itu, keindahan laut di sekitarnya juga tak kalah menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *