Liburan seru ke Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Liburan seru ke Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan

Salah satu pulau dengan pantai terbaik yang dimiliki Indonesia ini berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur, 2 jam perjalanan darat dari Bandara Berau dilanjutkan dengan 30 menit penyebrangan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Tanjung Batu. Sebenarnya, Derawan ini merupakan sebuah kepulauan, bukan satu pulau aja, yaitu Kepulauan Derawan. Kepulauan Derawan terdiri dari beberapa pulau yang mana masing-masing pulau ini memiliki keunikan wisatanya sendiri-sendiri yang ngasih alesan ke lo untuk nyempetin dateng ke pulau-pulau tersebut satu per satu. Bukan cuma itu aja, lokasi lain yang berada di luar Kepulauan Derawan juga punya daya tarik unik yang bikin elo wajib mampir saat liburan ke Derawan. Berikut ini adalah 6 Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi selama berada di pulau Derawan.

1. Pulau Maratau yang bagus untuk spot berfoto kamu
Buat yang suka banget berfoto ria, di Pulau Maratua ini kamu pasti akan dibuat senang karena warna air laut di sini hijau toska yang bening. Foto dengan background warna air laut Maratua ini dijamin bakal menghasilkan foto yang instagramable banget.

2. Pacu Adrenalin dengan melompat di Goa Haji Mangku
Goa Haji Mangku ini sebenarnya kurang cocok rasanya kalau disebut Goa. sebab, posisinya yang vertikal dengan air yang menggenang di dalamnya membuat Goa Haji Mangku lebih cocok kalau disebut danau atau danau mini karena ukurannya yang ngga sebesar danau juga. Untuk sampai ke sini, kamu bisa melalui 2 cara yaiut, dengan jalan kaki selama 7 jam dari Maratua Paradise Resort atau dengan menggunakan speedboat dari starting point yang sama menuju ke utara Pulau Maratua dengan hanya memakan waktu 15-20 menit. Menggunakan speedboat pun tidak semudah itu juga, kamu harus nunggu air pasang agar speedboat bisa lewat tapi tidak sepasang itu juga supaya nantinya speedboat bisa parkir tidak jauh dari mulut goa. Kemudian, kamu masih harus trekking ringan selama 10 menit hingga akhirnya lo akan menemukan mulut goa dengan warna air birunya yang khas.

3. Melihat Ribuan Ubur Ubur di Pulau Kakaban
Belum ke Derawan rasanya kalau belum mampir ke Pulau Kakaban. Di Pulau Kakaban ini terdapat sebuah danau air tawar dimana kamu bisa menyaksikan ubur-ubur tanpa senga langsung dari habitatnya yang jumlahnya ribuan ekor.

4. Menjelajahi Goa Bawah Laut di Blue Light Cave Kakaban
Lokasi Blue Light Cave berada di pinggiran Pulau Kakaban, dengan pintu masuknya ngga jauh dari bibir pantai pulau ini. Jangan berharap pintu masuknya adalah gapura bagus bertuliskan Selamat Datang di Blue Light Cave ya. karena nyatanya pintu masuknya berupa bibir goa yang ada di permukaan air laut.

5. Berenang Di Danau Labuan Cermin yang airnya bening sekali
Danau Labuan Cermin berlokasi sedikit jauh dari Derawan, yaitu di Kecamatan Biduk-Biduk atau sekitar 7 jam perjalanan darat dari Tanjung Redeb, Ibukota Kabupaten Berau. Biasanya, para wisatawan main ke Danau Labuan Cermin ini setelah sebelumnya liburan ke Derawan terlebih dahulu, baru setelahnya bisa langsung terbang ke kota asal lewat Bandara Berau di kota Tanjung Redeb.

6. Beristirahat di Penginapan Apung Derawan
Derawan merupakan pulau utama dari Kepulauan Derawan dan satu-satunya yang memiliki penduduk. Oleh karena itu, Derawan cocok untuk dijadikan lokasi tinggal saat mengeksplor daerah-daerah di sekitarnya sekaligus tempat istirahat yang nyaman setelah perjalanan wisata yang tentunya cukup menguras stamina.

nah, itu dia sekilas informasi tentang beberapa Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Pulau Derawan selama berlibur disana. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai salah satu referensi bagi kamu yang sedang berencana liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *