Liburan ke pulau Sombori

Liburan ke pulau Sombori

Pulau Kayangan, Sombori

Sulawesidikenal dengan tempat wisatanya seperti Taman Laut Bunaken atau Wakatobi. Namun, sebenarnya ada satu tempat wisata lain yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan dua lokasi tersebut yakni Pulau Sombori. Pulau yang satu ini terletak di kawasan Morowali, Sulawesi Tengah. Dalam kawasan kepulauan Sombori ada tiga pulau kecil di dalamnya. Ketiga pulau tersebut sekarang menjadi tempat tinggal bagi masyarakat bajo yang mayoritas nelayan dan sisanya merupakan pulau tidak berpenghuni. Banyak yang mengatakan kalau pulau yang satu ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa bahkan bisa dikatakan menyaingi Raja Ampat. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi selama liburan di pulau Sombori.

Festival Bajo Pasakayyang
Pada Festival Pasakayyang ini para wisatawan akan berkeliling pulau Sombori dengan menggunakan kapal penumpang. Kapal yang ditumpangi ini biasa digunakan warga Bajo yang tinggal di sana untuk menyebrang dari Pulau Kaleroang ke Pelabuhan Kendari. Selama di perjalanan mata Anda akan dimanjakan dengan berbagai keindahan alam dari deretan pulau tersebut. Jika beruntung dalam perjalanan tersebut Anda akan bertemu dengan segerombolan lumba-lumba, hiu atau bahkan paus.

Mirip dengan Phi Phi Island
Banyak yang mengatakan kalau keindahan wisata Pulau Sombori mirip dengan Phi Phi Island yang ada di Thailand. Pulau-pulau dengan tebing yang tinggi membuat tempat wisata di Sombori terlihat sangat mirip dengan Phi Phi Island. Berbentuk seperti teluk lengkap dengan hamparan pasir putihnya yang menakjubkan menjadikan Sombori semakin cantik. Anda bisa mengitari deretan pulau ini dengan menggunakan perahu atau ber- snorkeling di perairannya yang jernih.

Gua Berlian
Saat ke Sombori, jangan lupa untuk mengeksplorasi Gua Berlian. Dinamakan demikian karena tempat wisata Pulau Sombori ini memiliki stalaktit yang sangat berkilau mirip dengan berlian saat terkena cahaya. Tetapi, RedTraveler yang ingin sampai ke sini harus menaiki tebing dengan kemiringan 70 hingga 80 derajat terlebih dahulu. Jalur yang ada di dalam goa ini berupa bebatuan dan akar pohon. Jadi RedTraveler harus berhati-hati saat melewati lokasi ini. Pada siang atau pagi hari Anda akan melihat pemandangan indah saat matahari masuk ke dalam celah-celah lubang atau yang disebut dengan nama ray of light.

Pulau Kayangan
Keindahan Kayangan sepertinya tertuang sempurna di Pulau Kayangan Sombori. Pantai indah yang ada di Pulau Kayangan bisa dibilang cukup panjang yaitu 20 m hingga 50 m dan dihiasi dengan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Lokasi dari Pulau Kayangan juga termasuk berdekatan dengan pulau-pulau lainnya yang ada di Sombori. Perairan yang ada disekitar Pulau Kayangan termasuk ke dalam perairan dangkal. Jadi, lokasinya sangat cocok untuk RedTraveler jadikan tempat snorkeling atau sekedar berenang dan bermain air.

Rumah Nenek
Dinamakan demikian karena di atas hijaunya air yang ada di sini Anda bisa berkunjung dan makan di rumah seorang nenek yang tinggal seorang diri. Lokasi yang satu ini sering dijadikan spot untuk beristirahat setelah lelah berenang. Di sini Anda bisa menikmati lezatnya masakan khas Sulawesi Tenggara. Anda tidak akan dikenakan biaya khusus untuk setiap menu yang disajikan. Namun, sebaliknya kamu bisa membayarkan secara sukarela untuk makanan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *