Liburan ke kawasan Mandalika, Lombok

Liburan ke kawasan Mandalika, Lombok

Sunset di Bukit Merese

Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang istimewa di Indonesia. Namun, di Lombok Tengah, ada kawasan yang digarap secara khusus untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian warga Nusa Tenggara Barat secara umum. Yaitu Mandalika, Lombok Tengah yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata. Dengan wilayah seluas 1,036 hektar dan menghadap ke Samudera Hindia. Potensi wisata di Mandalika cukup menjanjikan, namun tidak banyak yang mengetahui keindahannya. Mulai dari pesona pantai hingga pemandangan alam bawah laut yang memukau, Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika liburan mu di Mandalika ini.

Menikmati Sunset di Bukit Merese
Bukit Merese merupakan salah satu spot yang wajib dikunjungi. Bukan hanya lanskap bukitnya yang keren, pemandangan yang disajikan di bukit ini juga menjadi salah satu daya tarik untuk menikmati keistimewaan wisata di Mandalika. Momen terbaik berada di sini adalah saat sunset. Bayangkan, melihat matahari yang perlahan tenggelam di ufuk barat di atas bukit yang hijau, ditemani pemandangan laut yang luar biasa dan tiupan angin yang istimewa. Susah mencari tandingan sensasi seperti ini.

Menjelajahi Gua Kotak yang Unik
Seperti namanya, goa ini berbentuk kotak. Keunikan inilah yang membuat destinasi wisata di Mandalika ini menjadi ngehits. Bukannya berbentuk lorong panjang yang menyempit atau melebar, Goa Kotak menghadirkan goa dengan lorong berbentuk kubus, tanpa stalagmit atau stalagtit, dan di ujungnya menyajikan pemandangan laut lepas yang luar biasa. Asyiknya lagi, letak goa ini berada di atas bukit, sehingga siapapun bisa menikmati keindahan panorama alam di Mandalika.

Menikmati indahnya Pantai Kuta Mandalika
Pantai ini berada di Mandalika. Daya tariknya, selain sebagai teras dari lautan biru, adalah perbukitan hijau di kejauhan dan pantainya yang berpasir putih nan lembut. Pantai Kuta Mandalika ini juga sudah digarap secara khusus, yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata di Mandalika yang cukup difavoritkan dan ngehits. Beragam fasilitas tersedia, termasuk arena bermain dan tempat belanja makanan.

Berselanjar seru di Pantai Gerupuk
Pecinta surfing wajib mengunjungi Pantai Gerupuk saat wisata di Mandalika. Pasalnya, ada sejumlah spot asyik untuk menari bersama ombak, seperti Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left). Bukan hanya karena sensasi ombaknya yang diakui oleh peselancar internasional, pantainya juga memiliki karakter keindahan khas pantai-pantai di Lombok, yaitu berpasir putih lembut dan dikelilingi perbukitan hijau yang indah.

Mengunjungi Desa Adat Sade
selanjuntnya kamu juga mengunjungi dan melihat warga lokal Lombok dan suku sasak berkegiatan setiap harinya, Desa Adat Sade menjadi destinasi wisata di Mandalika yang bisa dikunjungi. Kamu tidak hanya bisa berkeliling desa, melihat bangunan tradisional dan menyaksikan adat istiadat yang terus dilestarikan, tapi juga bisa menyatu dengan warga lokal dalam tarian, permainan dan aktivitas menarik lainnya. Yang memiliki waktu luang lebih, tidak ada salahnya belajar menekuni kegiatan menenun kain khas Lombok, songket

nah, itu dia sekilas informasi tentang beberapa Destinasi wisata dan hal yang bisa kamu lakukan di kawasan Mandalika, Lombok selama berlibur disana. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai salah satu referensi bagi kamu yang sedang berencana liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *