Berwisata ke Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Berwisata ke Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Tanjung Puting

Berwisata ke Kalimantan Tengah, tentu saja Anda tidak boleh melewatkan destinasi satu ini. Taman yang cukup luas ini ternyata memiliki beberapa tipe ekosistem dan keindahan yang layak untuk Anda telusuri. Tanjung Puting Memiliki ukuran yang cukup besar yakni seluas Pulau Bali maka membuat Anda akan merasa puas ketika berkeliling di kawasan satu ini. Dengan mempunyai beberapa ekosistem, mulai dari hutan hujan tropis, hutan tanah kering, dataran rendah hutan rawa air tawar, hutan pantai, hutan mangrove dan juga hutan sekunder. Sehingga ketika berada di kawasan ini akan membuat Anda belajar tentang berbagai macam ekosistem.

Mempunyai ketinggian sekitar 100 m diatas permukaan air laut, menjadikannya cocok sebagai rumah untuk beberapa hewan yang ada di Kalimantan. Sebut saja seperti orang utan, lutung merah, bekantan, kancil, beruang, dan juga kucing hutan. Tak hanya itu saja, terdapat pula 38 jenis mamalia serta 200 jenis burung yang mendiami kawasan satu ini. Selain itu, ada pula sejumlah flora endemik dan hewan liar yang bisa Anda temukan di tempat satu ini. Tempat satu ini pun juga sebagai lokasi untuk pusat rehabilitasi orang utan pertama yang ada di Indonesia. ditetapkan pertama kali oleh Pemerintah Hindia BelAnda di tahun 1937 dengan nama Suaka Marga Satwa Sampit. Dan pada tahun 1970 an, maka namanya pun berubah menjadi Suaka Margasatwa Tanjung Puting seperti yang Anda kenal saat ini.

Ketika Anda berkunjung ke destinasi wisata satu ini, pastinya Anda pun akan disuguhkan dengan banyak sekali orang utan. Hal ini dikarenakan Tanjung Puting merupakan tempat atau habitat asli dari orang utan yang ada di Kalimantan. Selama berada di tempat satu ini, maka Anda pun akan bisa melihat secara langsung bagaimana kegiatan dari binatang mamalia ini. Mulai dari tingkah lakunya hingga ketika mereka sedang mengonsumsi makanan. Tempat satu ini, merupakan konservasi orang utan terbesar yang ada di dunia. Pasalnya, terdapat sekitar 30 ribu hingga 40 ribu orang utan yang tersebar di dalam maupun luar taman nasional ini. Menakjubkan bukan? Selain itu, di kawasan ini jua terdapat binatang lain, seperti monyet, buaya, bekantan, babi hutan dan juga hewan yang lain.

Keindahan lain yang Anda dapatkan ketika berada di daerah ini, maka Anda pun akan bisa menyusuri Sungai Sekonyer yang luar biasa indahnya. Untuk memasuki daerah ini, maka Anda pun akan berada di titik awal yakni melalui pelabuhan yang berada di Kumai. Dengan menggunakan perahu klotok, maka Anda pun akan bisa untuk memasuki area dari Taman Nasional Tanjung Puting. Ketika Anda menaiki perahu klotok, maka wisatawan pun akan diajak untuk menyusuri Sungai Sekonyer yang berada di dalam taman nasional. Saat berada di kawasan wisata ini, maka semua aktifitas akan dilakukan di atas perahu klotok. Namun, Anda pun tak perlu khawatir, pasalnya fasilitas di perahu satu ini pun cukup lengkap. Sehingga membuat pengunjung menjadi lebih nyaman.

Selain menyusuri taman dengan menggunakan perahu klotok, ada pula kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika berada di tempat satu ini. Anda bisa menyusuri Desa Tanjung Harapan yang masih berada di dalam area taman Nasional Tanjung Puting. Untuk desa ini terletak bersebelahan dengan camp Tanjung Harapan. Dimana masih dihuni oleh masyarakat yang berprofesi sebagai pekerja kapal dan juga nelayan. Tak hanya itu saja, kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan sembari berwisata dan melihat orang utan, maka Anda pun bisa mandi dengan air dari kali hitam. Ketika Anda memasuki Camp Leakey, maka wisatawan akan dikejutkan dengan perubahan warna air sungai yang awalnya coklat menjadi warna hitam. Warna tersebut merupakan akibat dari warna akar pepohonan yang ada di sekitarnya.

nah, itu dia sekilas informasi tentang beberapa hal yang bisa kamu lakukan di Taman Nasional Tanjung Puting selama berlibur disana. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai salah satu referensi bagi kamu yang sedang berencana liburan. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *