Ragam Aktivitas Liburan di Pulau Komodo yang tak terlupakan

Ragam Aktivitas Liburan di Pulau Komodo yang tak terlupakan

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan salah satu objek wisata di Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Atraksi favorit di tempat wisata ini yaitu mengamati Komodo di habitat aslinya. UNESCO mengakui Pulau Komodo sebagai situs warisan dunia dan salah satu tujuh keajaiban dunia. Objek wisata ini juga masuk dalam 10 daftar destinasi terbaik di Asia menurut Lonely Planet. Disebut sebagai rumah bagi kadal purba, keindahan alam kawasan wisata ini sangat memanjakan mata.

Taman Nasional Komodo terhubung dengan Labuan Bajo melalui penerbangan. Kunjungan wisatawan tercatat mencapai jumlah 176.830 orang dengan 60% merupakan wisatawan mancanegara. Aktivitas wisata yang utama yaitu melihat secara langsung Komodo langsung secara fisik. Kura-kura laut dalam jumlah besar, terumbu karang yang berwarna-warni juga makin meramaikan kekayaan alamnya. Wisatawan juga dapat menikmati pantai, diving, snorkeling, maupun mendaki bukit dengan pemandangan menakjubkan, seperti…

Tour Perahu ke Pulau Komodo
Labuhan Bajo merupakan dermaga awal menuju Pulau Komodo dan rangkaian gugusan pulau di sekitarnya. Di dermaga ini terdapat banyak speed boat dengan jenis perahu dan harga bervariatif. Jarak tempuh dari Labuan Bajo menuju Taman Nasional Komodo sekitar 3 jam menggunakan kapal laut.

Melihat Komodo Secara Langsung
Aktivitas utama pada objek wisata ini tentu saja melihat secara langsung Komodo, satwa purba kebanggaan Indonesia. Mendapat informasi tentang Komodo, wisatawan dapat memahami segala aktivitas hidupnya. Berinteraksi dengan satwa berkulit keras dan cakar tajam ini, wisatawan harus didampingi ranger. Wisatawan juga dapat berpose dengan kadal raksasa ini dengan bantuan ranger yang membuatnya terlihat dekat. Berada di Taman Nasional Komodo, pendiriannya bertujuan melindungi Komodo dan flora sekitarnya dari kepunahan. Populasi Komodo (varanus komodoensis) tercatat mencapai 3.012 ekor dan stabil dari ancaman kepunahan.

Menikmati Suasana Pantai
Selain satwa langkanya, di sini memiliki daya tarik dari eksotisme panorama alam di sekitarnya. Pulau-pulau kecil di dekatnya memiliki air laut berwarna biru jernih dan masih bersih. Sebelum menjumpai langsung reptil raksasa, Komodo, wisatawan harus treking mencapai habitatnya. Selama perjalanan, wisatawan akan mendapat suguhan lanskap yang sangat indah.

Menelusuri uniknya pantai pink
Pulau Komodo mempunyai Pink Beach, sebuah pantai menawan dengan pasir berwarna merah muda. Lokasi ini adalah salah satu destinasi wisata bahari yang diimpikan banyak wisatawan. Berjalan santai menyusuri Pantai Pink, wisatawan akan merasa seperti berada di Balos Lagoon, Yunani. Warna pink timbul dari banyaknya terumbu karang yang berwarna sama. Ketika ombak datang, sebagian terumbu karang tergerus air kemudian bercampur dengan pasir. Karang dan pasir yang terbawa ombak seakan-akan bersatu menghadirkan warna merah muda yang unik.

Melihat Matahari terbenam
Momen matahari terbenam merupakan saat yang tak dapat dilewatkan oleh para wisatawan. Apalagi dengan pemandangan alam Pulau Komodo yang memukau. Wisatawan biasanya telah menanti saat hari mulai sore di lokasi sunset Pulau Komodo. Salah satu spot sunset yaitu di Pink Beach yang sangat indah. Semburat jingga dengan siluet pantainya menawarkan suasana yang tenang.

Mendaki di Pulau Padar
Mendaki Pulau Padar merupakan momen istimewa. Pulau Padar memiliki perbukitan hijau yang tampak gersang bagai padang pasir saat kemarau. Hal tersebut menjadi daya tarik wilayah tak berpenguni ini untuk dikunjungi. Pulau Padar juga memiliki garis pantai yang panjang dengan wilayah perairan yang jernih. Di atas bukitnya, wisatawan dapat melihat tiga teluk yang menawan dan indah. Tiga lekukan besar di kedua sisi tebingnya tersebut tak luput dijadikan latar berfoto.

Menyelam di Pulau Komodo
Dari seluruh luas wilayah Pulau Komodo, 60 persennya adalah perairan. Perairan Taman Nasional Komodo juga terkenal akan keindahan terumbu karang, ikan-ikan, dan airnya yang jernih kebiruan. Karang-karang tersaji memukau beragam bentuk, mulai berwujud jamur, berbalut lapisan ungu, serta yang melambai-lambai. Bagi pecinta olahraga air, lokasi ini adalah surga scuba diving yang sangat mempesona. Di sejumlah titik, keindahan alam bawah lautnya bahkan disejajarkan dengan spot terkenal dunia.

nah, itu dia beragama aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan ketika sedang berlibur ke Pulau Komodo. semoga artikel ini bermanfaat bagi Teman-teman yang ingin dan sedang merencanakan liburannya sebagai salah satu referensi kamu. Terima Kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *