Mendaki Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Mendaki Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Gunung Rinjani

Lombok merupakan surga bagi penjelajah dan wajib dicoba bagi penggemar para pendaki. Tempat yang tidak boleh dilewatkan ialah Gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Keindahan alam Gunung Rinjani menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Tidak heran, Rinjani menjadi salah satu gunung favorit para pendaki. Setiap sisi Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini eksotis. Dari puncak gunung, hamparan padang savana, hutan belantara, Danau Anak Segara, pemandian air panas serta gua. Pendakian di Gunung Rinjani juga bukan perjalanan yang mudah. Jalur pendakiannya menantang dan cukup melelahkan. Namun semua terbayarkan dengan keindahannya. Rasanya bak melihat cuilan surga di dunia. Menakjubkan di setiap sudutnya.

Gunung dengan ketinggian 3.726 m diatas permukaan air laut ini memiliki 4 jalur pendakian. Rute favorit para pendaki ialah jalur Sembalun. Dari Sembalun bisa melewati Plawangan dan menuju puncak gunung berapi ini. Jalur Sembalun juga menjadi gerbang menuju ke Danau Segara Anak. Jika melewati Jalur Sembalun, pendaki akan melalui hamparan padang savana yang sangat luas dan cantik. Bukit-bukit kecil dengan ilalang yang menawan membuat perjalanan terasa tak membosankan. Plawangan Sembalun merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan Gunung Rinjani.

Untuk mencapai puncak Gunung Rinjani, para pendaki harus siap menghadapi tanjakan terjal dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Batu-batu kecil dengan lajur berpasir pun harus dilalui. Napas yang terengah-engah dan rasa lelah yang menghantui tak menjadi hambatan bagi petualang. Nantinya, semua rasa letih akan terbayarkan saat kaki bisa menapak di puncak Gunung Rinjani. Pemandangan cekungan kawah yang menawan, gumpalan awan yang menggulung dan birunya air Danau Anak Segara akan kamu dapatkan. Jangan lupa untuk berpose di spot menantang Gunung Rinjani yang berada di ujung tebing.

Gunung Rinjani bak wisata dengan paket lengkap. Mendaki Gunung Rinjani kamu juga sekaligus menyambangi Danau Segara Anak, salah satu danau panas vulkanik terbesar di dunia. Danau dengan air biru ini menjadi lokasi favorit untuk melepas penat seusai melintasi perbukitan terjal, savana, memasuki hutan belantara selama 12 jam. Berdekatan dengan Danau Segara Anak, tak ada salahnya menjajal Pemandian Air Panas Kalak yang berada di kaki Gunung Rinjani. Pemandian air panas ini memiliki 4 titik pemandian yang memiliki tingkat kepanasan air yang berbeda-beda. Masyarakat setempat meyakini Aik Kalak sebagai pemandian yang mampu mengobati penyakit kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.