Liburan ke Taman Nasional Gunung Leuser

Liburan ke Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan sebuah kawasan yang meliputi pantai, hutan, cagar alam dan suaka margasatwa. Memiliki koleksi berbagai fauna dan flora langka, yang terletak di Provinsi Sumatra Utara dan Aceh. Provinsi Aceh sendiri dikenal memiliki potensi alam yang luar biasa, provinsi yang terletak di ujung Pulau Sumatra ini menyimpan berbagai wisata alam lengkap dengan aneka ragam flora dan fauna yang hidup didalamnya. Beberapa wisata alam tersebut telah dikenal hingga ke seluruh belahan dunia, tentunya yang paling terkenal adalah Taman Nasional Gunung Leuser.

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan kawasan luas yang memiliki banyak fungsi salah satunya yaitu sebagai kawasan pelestarian alam Indonesia. Selain itu, tempat wisata ini juga dihuni sebagian besar flora dan fauna langka sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Bahkan seorang aktor Holywood terkenal, Leonardo DI Caprio juga mengagumi taman nasional ini dan sempat berkunjung pada tahun 2016 lalu.

Didalam taman nasional ini, mencakup berbagai macam ekosistem mulai dari ekosistem pantai hingga daerah pegunungan. Terdapat pula hutan hujan tropis yang dikelola secara sistem zonasi yang bertujuan untuk kemudahan dalam penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, pelestarian dan rekreasi. Secara umum, Taman Nasional Gunung Leuser memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman flora dan fauna dan juga penggunaan sumber alam hayati secara lestari. Tidak heran jika tempat wisata ini menjadi tumpuan bagi 4 juta orang yang hidup disekitarnya. Setidaknya ada 9 kabupaten yang tersebar di Aceh dan Sumatra Utara bergantung terhadap ketersediaan air untuk keperluan konsumi, pengairan sawah, penjaga kesuburan tanah serta pengendali banjir.

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan tempat tinggal bagi sebagian besar satwa langka. Tercatat berbagai habitat mamalia, ikan, burung, reptil, invertebrata, dan ampibi tinggal di kawasan ini. Taman nasional ini juga memiliki koleksi sebanyak 380 spesies burung, dan 350 spesies diantaranya hidup secara menetap di kawasan ini. Selanjutnya, fasilitas yang terdapat pada Taman Nasional Gunung Leuser ini terbilang cukup lengkap. Terdapat beberapa penginapan, cottage dan hotel yang bisa disewa bagi wisatawan yang ingin menginap. Sebagian besar penginapan ini terletak didekat Bukit Lawang yang memang menjadi salah satu pintu masuk untuk berkunjung ke taman nasional. Di Bukit Lawang ini juga terdapat fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, toilet umum, serta mushola dan masjid yang bisa digunakan wisatawan untuk beribadah. Wisatawan juga bisa menemukan beberapa warung-warung yang menyajikan berbagai makanan khas Aceh di Bukit Lawang ini.

Khusus buat kamu yang seorang pecinta alam, kamu juga bisa berkunjung bersama teman-temanmu untuk mendaki Gunung Leuser yang memiliki ketinggian lebih dari 3.000 meter dari permukaan laut ini. Dalam mendaki, disarankan bagi kamu untuk menggunakan pemandu yang berasal dari warga setempat. Karena medan di Taman Nasional Gunung Leuser ini sangat ekstrim dan cukup berbahaya. Dalam pendakian ini, setidaknya bisa memakan waktu hingga 14 hari, jadi persiapkanlah stamina serta kondisi fisikmu sebelum berniat untuk melakukan pendakian. Desa Angasan biasanya menjadi titik awal pendakian, bawalah perlengkapan secukupnya dan jangan terlalu banyak karena bisa mempersulit dirimu sendiri ketika pendakian. Kamu akan dimanjakan dengan kondisi alam yang begitu indah berupa hutan belantara hijau serta pemandangan Sungai Alas yang memukau.

Jangan lupa juga untuk membawa kamera ketika berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, tentunya kamu tak ingin melewatkan pemandangan indah, serta satwa dan flora langka didalamnya. Kamu bisa hunting foto di tempat ini dengan memotret berbagai objek menarik seperti di puncak Gunung Leuser atau memotret Bunga Raflesia. Selain itu masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan di Taman Nasional Gunung Leuser ini seperti berkembah, outbond, bermain kano, susur goa, dan canopi trai. Tempat wisata yang satu ini memang seolah menjadi paket yang lengkap bagi wisatawan pecinta alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.