7 Destinasi Wisata selama Liburan di Banda Aceh

7 Destinasi Wisata selama Liburan di Banda Aceh

Destinasi Wisata Banda Aceh

Sekilas informasi tentang Banda Aceh. Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus. Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Aceh memiliki 13 etnis bangsa asli. Yang terbesar adalah etnis Aceh yang mendiami wilayah pesisir mulai dari Langsa di pesisir timur utara sampai dengan Trumon di pesisir barat selatan. Etnis lain nya adalah etnis Gayo, yang mendiami wilayah pegunungan di tengah Aceh. selanjutnya Aceh juga mempunyai kuliner khasnya sendiri yaitu Mie Aceh, yang telah terkenal di seluruh penjuru Indonesia. Untuk menuju Aceh Bisa melalui Jalur Darat dengan berkendara dari Medan atau via Udara di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Nah, buat kamu yang ingin berlibur di Banda Aceh, Berikut ini adalah 7 Destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi selama berada di Aceh.

1. Masjid Raya Baiturrahman
Masjid ini berdiri pada tahun 1606-1636, tepatnya pada saat pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Masjid ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk dijadikan sebagai pusat pengajaran ilmu agama yang ada di Nusantara. Tempat wisata Aceh, berupa Masjid besar ini memiliki interior dan eksterior yang memiliki gaya Kesultanan Turki Ustamani yang sangat khas. Bangunan masjid ini didominasi dengan warna putih dengan kubah hitam yang berukuran besar dan terdapat 7 menara yang mengelilinginya.

2. Museum Tsunami
Museum Tsunami Aceh adalah sebuah museum di Banda Aceh yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004. Sekaligus pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat andai tsunami terjadi lagi. Museum ini merupakan sebuah struktur empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Di dalamnya, pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air yang tinggi, untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat tsunami.

3. Sabang, Pulau Weh
Tempat wisata Aceh Sabang merupakan kota dengan destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pulau paling ujung Indonesia ini juga merupakan kota dengan keindahan pantai yang masih bersih dan alami. Pantainya pun tak kalah unik. Sabang sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Pantai-pantai di Sabang memang terkenal masih sangat alami, dengan air laut yang sangat jernih. Pantai Iboih merupakan salah satu destinasi wisata populer di Sabang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memikat, ditambah air laut yang jernih dengan gradasi kebiruan yang cantik.

4. Air Terjun Blang Kolam
Tempat wisata Aceh, Air Tejun Blang Kolam cukup tinggi. Memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Air terjun yang indah ini, tampak asri dan alami karena di sekelilingnya di bawah rimbunnya pepohonan dan memiliki suasana hutan cukup lebat. Hutan di sisi kanan dan kiri anak tangga yang menuju Air Terjun Blang Kolam masih sangat lebat. Hawa sejuk membuat pengunjung tempat wisata Aceh ini merasa segar. Apalagi kalau terbiasa dengan hiruk pikuk kota yang penuh asap polusi.

5. Pantai Lampuuk
Pantai Lampuuk menjadi salah satu tempat wisata Aceh andalan, khususnya Banda Aceh. Di kawasan pantai ini terdapat garis pantai yang memiliki panjang sekitar 5 kilometer dan membentuk sebuah teluk kecil yang cukup indah serta unik. Pantai ini dibalut dengan keindahan pasir putih yang bersih dan lembut, air laut yang memiliki warna biru kehijauan serta ombak besar yang gulung-gulung menambah panorama keindahan yang sangat sempurna.

6. Pulau Rubiah
Pulau cantik ini berada disebelah barat Utara Pulau Sumatera. Pulau Rubiah merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Pulau Rubiah ini berada tepat di sebelah barat-laut dari pulau Weh. Pulau tempat wisata Aceh yang memiliki luas kurang lebih sekitar 26 Hektar ini, kini menjadi salah satu Destinasi wisata Internasional karena banyak wisatawan yang datang tidak hanya dari Indonesia saja tetapi juga dari negara2 Asia, Eropa dan Amerika. Karena terkenal Karena pesona kekayaan bawah lautnya yakni Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah juga dijuluki sebagai surganya para penyelam. Banyak Spot Diving yang ada disekitar pulau Rubiah. Tidak hanya Diving saja, disini juga banyak spot Snorkling yang cantik.

7. Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar, itulah nama yang diberikan oleh suku asli Gayo buat danau seluas 5472 hektar ini. Tempat wisata Aceh berupa danau ini ibarat hamparan permadani berwarna. Mirip seperti sisa-sisa air laut yang terjebak di daratan saat terjadi badai besar ribuan tahun silam. Selain duduk-duduk santai di tepi Danau Laut Tawar sambil menikmati secangkir Kopi Gayo yang legendaris, pengunjung bisa mengelilingi Danau Laut Tawar dengan naik perahu motor, atau memancing. Juga ada rental sepeda di sekitar danau.

nah, itu dia sekilas informasi tentang beberapa Destinasi wisata di Banda Aceh yang bisa kamu kunjungi selama berlibur disana. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai salah satu referensi bagi kamu yang sedang berencana liburan ke Banda Aceh. Terima kasih dan selamat berlibur guys!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.